Selasa, 30 Desember 2008

(Bukan) Ahli Tahajud

Aku sering dianggap kebluk oleh orang tuaku karena sering susah bangun tidur.akibatnya,salat subuh pun selalu kesiangan,jarang bisa berjamaah di masjid.ada kebiasaan unik yang dilakukan ayahku saat membangunkan aku yang masih tertelap,beliau mencabut bulu kakiku !

Rasanya sungguh perih dan membuatku kaget bukan kepalang … hal itu dilakukan saat aku susah dibangunkan dengan cara halus,seperti menggoyang-goyangkan badanku,memanggil-manggil namaku dan sampai dibentak-bentak juga.karena dengan cara halus tak mempan,akhirnya ayahku punya cara tersendiri … ya … mencabut bulu kakiku … cara itu benar-benar efektif hingga selalu berhasil membuatku terbangun ^-^
Sejak mengenal Mawar … ada sesuatu yang beda dengan kebiasaan bangun tidurku.apa itu ? sms-smsnya !

Dibawah ini adalah beberapa contoh sms yang pernah Mawar kirimkan padaku :

“Af1 akhi …
Af1 jiddan …
Ana cma mo blg
Bangun 100x
Qta tahajud yuk .. ^-^
Ampnlh hmba2Mu yg dhoif ini Ya 4W1 … T_T”
(sms ini aku terima tanggal 30 Mei 2008 jam 2.56 WIB)

“Ddlm thjudku mlm ni …
Ku khususkn do’a untuk slh seorg yg kusayang ddunia ini agar ia slalu snantiasa dibri ksehatan,kbahagiaan dn kelipatgandaan pahala dlm hidupnya … amin”

“assalammu’alaikum,dwaktu sprtga mlm Allah SWT mmbka jndela surga,’Dia’ mlhtq dn brkta,”ap hrpnmu ?“ q mjwb,”jglh dn cintailah org yg bc sms ini iaa ?”
=> solat yuuk ! was”

Mawar adalah seorang perempuan yang ahli tahajud,entah kapan ia memulainya.ia sering smsan denganku hingga hampir tengah malam namun diwaktu 1/3 malam terakhir ia menyempatkan untuk tahajud.tentu saja hal itu membuat waktu tidurnya jadi kurang.hingga tak jarang ia ketiduran disekolahnya karena tak bisa menahan rasa kantuknya.

Terkadang … salat tahajudpun dijadikan pelarian dari masalah-masalah yang dihadapi Mawar dalam kehidupannya …
Berikut sms yang menggambarkan kejadian itu :
“aq bnci lht mrka yg ad dskul,aq muak lhat mrka yg ad drmh !! kk .. knp gd yg ngertiin prasaan ini ??
Astgf …
Aq pengen cpat2 ktmu qyamulail … ingin nangis ! hakuna matata k !”

Hal ini membuat aku kagum pada Mawar.diusianya yang masih muda,masalah-masalah yang selalu menimpanya sering ia curhatkan pada Allah SWT saat tahajud.sampai ia berhasil menemukan ketenangan diri,kesabaran dan solusi untuk menyelesaikan masalah-masalahnya.tentu saja,bagiku apa yang dilakukan Mawar adalah sesuatu yang sangat positif bila dibandingkan anak muda lainya dibelahan bumi yang lain … ketika ada masalah mereka mencari jalan keluar lewat gemerlap dunia malam,narkoba,sex bebas,dll

Beruntung Mawar bukan tipe orang seperti itu.ia lebih menyukai minta tolong pada Allah saat mendapat ujian dan cobaanNya.

Sungguh hebat untuk seorang wanita yang baru berusia 16 tahun dan masih duduk dikelas 2 SMU di Bandar Lampung.
Aku juga tidak menyangka jika kami berdua memiliki hobi yang sama,yaitu nonton sepakbola di televisi.

Saat pergelaran final Liga Champions Eropa (22 mei 2008) yang mempertemukan klub Chelsea vs Manchester United,Mawar mengajakku nonton bareng,akupun menyetujuinya.
Sungguh tidak diduga sebelumnya,saat pertandingan babak pertama usai dan acara diistirahatkan,Mawar mengirim sms :
”aq ingin nemenin kk nonton … aq jg sndirian .. cm dtmenin coklat … yuk salat dulu yuk … “

Itulah Mawar ... seorang perempuan hebat yang selalu berusaha mengajak aku untuk selalu mndirikan salat tahajud.
Tapi … bagaimana dengan diriku ?
Jujur saja,aku merasa sangat bersalah pada Mawar …
Aku kaget sekali ketika pertama kali mendapat smsnya di 1/3 malam terakhir yang mengajakku salat tahajud.

Aku sedih dan menangis !!!
Karena aku tidak menuruti ajakannya … karena aku tidak salat tahajud seperti yang ia lakukan !
Aku malah kirim sms balasan seolah-olah aku salat tahajud,padahal kenyataannya tidak …

Aku sedih … aku menangis saat menerima sms-sms berikutnya …
Bukannya aku tak berniat salat tahajud …
Justru aku sangat ingin sekali salat tahajud …
Namun keadaan dirumahku tidak memungkinkan untuk dilaksanakannya salat tahajud.
Ya … aku tinggal dirumah yang berukuran kecil dan ditempati 2 keluarga.dirumah ini hanya ada 2 kamar tidur.kamar tidur pertama dipakai ayah ibuku dan kamar kedua dipakai uwakku (kakaknya ibu) & istrinya.
Sementara aku dan kedua adikku tidur terpisah ada yang diruang keluarga dan ada juga yang tidur dikursi panjang.begitu juga dengan kedua anak dari uwakku yang tidur diruangan sempit yang dulunya adalah dapur,terpaksa dirubah jadi kamar yang kecil.
Tak ada lahan kosong yang bisa dijadikan tempat untuk salat tahajud

Makanya … aku sering sedih … merasa berdosa dan sampai menangis saat mendapat sms Mawar yang mengajakkku tahajud.

Dalam hatiku berbisik,”maafkan aku … adikku … kk sangat ingin sekali tahajud,namun keadaan disini menyulitkan kk untuk melakukannya”
Selain keadaan dirumah yang meyulitkan untuk tahajud,akupun kesulitan pergi kemasjid karena jaraknya berjauhan denghan tempat tinggalku.
Saat aku menceritakan keadaanku pada Mawar … ia menangis … ia merasa berdosa karena telah menganggu orang yang sedang tidur dengan sms-smsnya.padahal ia sama sekali tak berdosa,akulah yang salah … aku yang terlambat mengakui kalau aku bukanlah seorang ahli tahajud seperti dia.

Mawar menghiburku dengan mengatakan,”kk sabar ya … banyak orang yg dikaruniai rumah besar,tapi tak pernah dijadikannya sebagai sarana untuk bisa salat malam.sedangkan kk yang diberi Allah sebuah rumah kecil dan kesulitan untuk tahajud,memiliki niat dan semangat yang tinggi untuk mendirikan tahajud.Allah Maha Adil … ingatlah itu kk … Allah pasti mengetahui dan membalas niat baik dihati kk … semoga dimasa depan,kk jadi seorang ahli tahajud ya … tapi ingat … tahajudnya bukan karena sms adikmu yang dhoif ini … tapi karena ingin melaksanakan perintah Allah dan sunah NabiNya dengan ikhlas untuk menggapai ridha Allah SWT … “
Tak terasa … air mataku meleleh mendengar kata-kata Mawar tersebut …
Terima kasih atas pengertianmu adikku …

Semoga Allah SWT mengabulkan do’amu hingga dimasa depan aku menjadi seorang ahli tahajud … allahumma amin yaa robbal alamin …

1 komentar:

mbitscooterist mengatakan...

kang andri waktu 1/3 malam adalah waktu yang mustajab untuk berdoa...saat itu tabir doa dibukakan untuk hamba Allah, bukan berarti diwajibkan untuk sholat saja, tp kang andri bs berdoa karena saat itu juga Allah turun ke langit ke 7. PASTI doa kang andri akan terkabul...
maafkan saya apabila ada kesalahan