Selasa, 21 April 2009

(Bukan) Buku Biasa


Pertengahan januari 2009 lalu,aq melihat spanduk di jln. Karang Tineung yg isinya menginformasikan ada pameran buku islami di gedung Landmark Braga dari tanggal 4 sampai 10 februari 2009.

Acara tahunan IKAPI ini selalu menarik animo banyak peminat buku2 islam berkualitas dikota Bandung.aq pun lalu mempromosikan acara pameran ini lewat bulletin di Fs.

Alhamdulillah,banyak sahabat2 yg antusias dengan buletinq tersebut.seketika fsq jadi kebanjiran messages dari sahabat2q, ada yg ingin datang kesana langsung,menyarankan beli buku, dan minta tolong dicarikan buku favoritnya.

Pada tanggal 8 februari 2009,aq pun berangkat ke gedung Landmark Braga sendirian.ternyata suasana didalam gedung ramai sekali,setiap stan penuh oleh pengunjung yg sedang berburu bacaan favoritnya.

Aq pun membaca draft sms dihpq,tertulis 3 judul buku,”Fiqih Sunnah,Dalam Mihrab Cinta,Malam Pertama di Alam Kubur”.tak jauh dari tempatku berdiri,ada stan yg khusus menjual novel2 islami,tidak mau menunggu lama lagi,aq langsung membeli novel Dalam Mihrab Cinta setelah sebelumnya saling tawar menawar harga dengan si penunggu stan tersebut.lumayan,harga novel dipameran ini bisa jauh lebih murah daripada di toko buku ^-^

Apa motif aq membeli novel itu ? novel itu dibeli atas saran dari sahabat fsq yg bernama Jasmine.katanya,jalan hidupnya mirip bgt dengan Zahrana (tokoh dalam novel).aq jadi pnasaran ingin langsung membacanya,tapi … aq harus berburu 2 buku lain dulu.

Disebuah stan yg khusus menjual alquran & hadits,aq berhasil menemukan “Fiqih Sunnah”.buku ini disarankan seorang sahabat fsq bernama Al-Kimiyya.namun harganya cukup mahal,tak jadi membelinya,aq lalu berburu di stan lain.alhamdulillah setelah berputar-putar cukup lama,akhirnya aq bisa membeli “Fiqih Sunnah” dengan harga yg lebih murah daripada stan yg pertama.perbedaannya sampai setengah harga ! … jika buku yg sama bisa dibeli dengan harga yg lebih murah,memang tak ada salahnya berkeliling dulu dari satu ke stan lain.dibanding langsung membeli yg mahal lalu menyesal belakangan ^-^

Adzan ashar berkumandang,aq pun lalu keluar arena pameran dan pergi ke Masjid Pusat PP Persis di jln. Perintis Kemerdekaan (tepat dibelakang gedung Landmark).setelah salat ashar,aq pun masuk lagi ke pameran untuk berburu buku terakhir.

Hmmmmm … buku Malam Pertama di Alam Kubur agak sulit dicari.alhamdulillah setelah bertanya pada seorang ikhwan,aq berhasil membelinya dilantai 2.buku ini dibeli atas saran teman fs di Banjarmasin.sebelum pulang,aq teringat pesan sahabatq yg minta dibelikan majalah “Eramuslim Digest”.setelah berkeliling cukup lama dan bertanya pada orang2,ternyata majalah itu tak qtemukan.akhirnya aq pulang walaupun tidak berhasil memenuhi pesan sahabatku.

Catatanq :

  1. Fiqih Sunnah (Panduan Hidup Sehari2)

Buku karangan DR. Yusuf Qaradhawi & Sayyid Sabiq ini bagus sekali.isinya berupa ayat alquran + hadits Rasulullah Muhammad SAW tentang semua permasalahan fiqih yg sering dilakukan dalam keseharian kita.

Alhamdulillah setelah membacanya,aq mulai belajar mengamalkan isinya sedikit demi sedikit.

  1. Dalam Mihrab Cinta

Novel islami karangan Habiburahman El Shirazy ini memang berbeda dibanding Ayat2 Cinta atau Ketika Cinta Bertasbih,namun kualitasnya tetap bagus dimataq.bukan lagi tentang seorang mahasiswa yg sedang belajar di Mesir,tapi novel ini lebih banyak mengambil setting di Indonesia & Malaysia.semua ceritanya manusiawi banget.membaca kisah hidup Zahrana,aq jadi menilai … perjalanan hidup sahabatq Jasmine itu memang mirip sekali dengan Zahrana ^-^

Semoga Allah memberi jodoh yg terbaik pada Jasmine seperti saat Zahrana yg akhirnya menikah dengan Hasan setelah menempuh “perjuangan” yg melelahkan.

  1. Malam Pertama di Alam Kubur

Buku karya Dr. A’idh Al-Qarni M.A,Dr. Muhammad bin Abdurrahman Al-Uraifi serta Syaikh Muhammad Husain Ya’qub ini membuat badanq bergetar saat membacanya.tak terasa mataq jadi basah,keringat bercucuran dari seluruh tubuh … aq teringat dosa2q dimasa lalu yg mungkin lebih banyak dibanding amal baikq.lalu bagaimana jika aku mati sekarang ?

Tiba2 aq dicekam ketakutan yg luar biasa.setelah membaca istigfar sehingga berhasil menenangkan diri & membaca seluruh isi buku ini,akhirnya aq bersyukur masih diberi umur panjang oleh Allah agar ada kesempatan bagiku untuk bertaubat dan beramal baik yg lebih banyak lagi.


وَأَقِمِ الصَّلاَةَ طَرَفَيِ النَّهَارِ وَزُلَفاً مِّنَ اللَّيْلِ إِنَّ الْحَسَنَاتِ يُذْهِبْنَ السَّـيِّئَاتِ ذَلِكَ ذِكْرَى لِلذَّاكِرِينَ

“Dan dirikanlah sembahyang itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bahagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan - perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan – perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat.” (Huud : 114)

Terima kasih pada sahabatku,Dea di Banjarmasin yg telah menyarankan untuk membeli buku ini.

Sahabat2 pembaca blogq sekalian,tak ada salahnya jika mempunyai rezeki berlebih digunakan untuk membeli 3 buku diatas.saya jamin tak akan menyesal,malah sebaliknya,banyak manfaat yg bisa dipetik dari ke-3 buku tersebut.





1 komentar:

juwie mengatakan...

bukan buku biasaku "catatan hati seorang istri" karangan asma nadia.

seolah-olah Allah mendatangkan buku itu kepadaku untuk mejawab kebimbanganku