Selasa, 27 Januari 2009

Percaya dan Cinta di Dunia Maya



Seorang sahabat yg kukenal lewat fs pernah berdebat denganku lewat sms.masalahnya adalah tentang kepercayaan dan cinta yg terjadi di dunia maya.sahabatku itu berkata,”jangan pernah kamu percaya 100% pada orang yg kamu kenal di dunia maya … dan jangan pernah jatuh cinta pada seseorang yg kamu kenal lewat dunia maya !”

Tulisan dibawah ini adalah sekedar berbagi pengalamanku tentang 2 hal yg disebutkan sahabatku diatas :

“JANGAN PERNAH KAMU PERCAYA 100 % PADA ORANG YG KAMU KENAL DI DUNIA MAYA !”

Secara pribadi,aku kurang setuju dengan pendapat ini.memang,dalam dunia maya,khususnya fs,aku menemukan beberapa orang yg tidak jujur mengisi profil dan fotonya.ada yg mengaku bekerja sebagai “A” tapi kenyataannya “B”.Ada yg mengisi statusnya telah menikah,padahal belum.ada yg suka memakai foto orang lain atau foto tokoh kartun/animasi.

Dulu,aku juga memakai nama panggilanku “Dewandri 19” sebagai nama di fs.namun karena aku ingin jujur pada orang yg bersilaturahim pada fsku … maka akupun mengganti nama fsku dengan nama asliku.profil di fsku pun menggambarkan aku apa adanya.aku tak malu harus mengakui pekerjaanku sebagai dishwasher/tukang cuci piring di sebuah restoran seafood.namun aku suka jengkel saat mengetahui fs orang lain yg nggak jujur,banyak yg mengaku kerja sebagai “A” … eh setelah kenal lebih dekat,ia mengaku kerja sebagai “B”.banyak juga orang2 di fs yg memalsukan umurnya,terutama mereka yg belum genap berusia 16 tahun (syarat untuk membuat fs).

Namun yg membuat aku percaya pada orang2 di fs adalah beberapa sahabat fsku yg sekarang jadi sahabat di dunia nyata juga.aku sering meminta atau diberi no.hp oleh teman fsku.dari berhubungan lewat telpon/smslah seseorang bisa diketahui jujur atau tidaknya.

Aku pernah menjanjikan akan mentraktir makan seorang teman fs perempuan jika dia datang ke restoran tempat aku bekerja,ternyata dia datang dan bisa makan bareng.dari pandanganku,sepertinya ia orang yg jujur,menuliskan dirinya apa adanya sesuai dengan yg ada di fs.semua foto dan isi profil fsnya sangat sesuai dengan perempuan yg makan denganku saat itu.

Aku juga pernah meminta alamat tempat tinggal teman2 fsku.lalu,tanpa sepengetahuan mereka,aku kirim mereka kado berisi hadiah sesuatu dariku.ternyata kado itu bisa sampai ditangan mereka.

Maaf,tulisan tadi bukannya berniat hendak menyombongkan diri,namun sebagai contoh nyata saja …

Dari kedua hal diatas aku berpendapat,memang dalam dunia fs ada yg jujur dan ada yg tidak.namun percayalah pada teman fs yg udah benar2 dekat dengan kita.maka dari itu,jadikan teman fsmu sebagai teman di dunia nyata juga.kalau bisa,komunikasi nggak hanya lewat fs aja,tapi juga lewat hp atau bahkan bisa bertemu langsung … itu lebih baik … karena bisa mengenal kepribadiannya secara utuh …

“JANGAN PERNAH KAMU JATUH CINTA PADA SESEORANG YANG KAMU KENAL LEWAT DUNIA MAYA”

Aku juga kurang setuju dengan pendapat ini.
Jujur … aku pernah merasakan jatuh cinta pada seorang perempuan yg kukenal lewat fs.awalnya hanya berhubungan lewat fs,namun seiring berjalannya waktu,kami berhubungan lewat e-mail,sms dan telpon juga.
Aneh … kenapa aku bisa merasakan cinta,kangen,cemburu … pada orang yg hanya kulihat foto dan mendengar suaranya saja …

Kami belum pernah bertemu secara langsung karena tempat tinggal kami yg berlainan pulau dan Allah pun belum mentakdirkan kami untuk bertemu.

Namun jatuh cinta pada orang yg dikenal lewat fspun bisa membuat kita sakit hati layaknya menjalin hubungan di dunia nyata.saat aku jarang kewarnet lagi,komunikasi pun jadi kurang intens,tak seperti dulu lagi … eh … disaat yg sama ada laki2 lain yg mendekati kekasihku tersebut.dia sering mengirim comment tiap hari,lalu berlanjut pada hubungan lewat e-mail dan telepon.

Tanpa disangka,perempuan itu pun akhirnya mengaku,”hatinya telah bercabang” pada laki2 tersebut … aku pun jadi sakit hati … apalagi laki2 itu adalah sahabatku sendiri ! … jadi ingat lagu dari Dewi-Dewi … ya … aku telah “ditusuk dari belakang” … sakitnya bukan main … sakit minta ampun !

Aku juga merasa aneh dengan kekasihku itu.aku memberi dia kebebasan dengan memberi nomor hp sahabat2 dekatku hingga ia bisa mengetahui dengan jelas baik buruknya aku dari sahabat2ku itu … ya … beberapa sahabatku bahkan dianggapnya sebagai kakak …
Namun kekasihku itu membatasi aku untuk mengenal sahabat2nya.bahkan waktu sahabatnya berkata tentang suatu kebenaran,ia malah marah dan berkata,”sahabatku itu biang gosip,jangan dipercaya”.namun ternyata setelah dicek dan ricek,apa yg diungkapkan sahabatnya itu adalah berita benar.aku sungguh kecewa.



Aku hanya ingin kita sama2 jujur … ternyata hal itu sulit dilakukan …

Saat ini hubunganku dengan wanita itu telah berakhir … kami berdua menyadari … dalam islam tak ada yg namanya pacaran … dan apa yg kami lakukan berdua adalah perbuatan salah dalam agama …

Untuk saat ini,aku tidak ingin jatuh cinta pada orang yg kukenal lewat dunia maya lagi.namun jika melihat dan mendengar ada berita orang2 yg bisa menikah dan punya anak setelah bertemu jodohnya lewat dunia maya,akupun mungkin suatu hari nanti bisa jatuh hati lagi pada teman di dunia maya … tentu saja dengan lebih berhati-hati … aku nggak mau kejadian pahit dimasa lalu terulang lagi …

Bukankah jodoh itu bisa dicari dengan berbagai cara/jalan ?
Bukankah berhubungan lewat dunia maya melalui fs,chatting,e-mail,blog pun bisa dijadikan salah satu cara untuk mencari jodoh ?

Sahabat …
Apakah dunia maya tetaplah dunia maya yang tak nyata ?

(Tulisan ini untuk mengenang perdebatanku dengan sahabat fsq,Devita pada tanggal 29 Mei 2008)

1 komentar:

Anonim mengatakan...

hhmmm,,,,, ini lah yg trkdang mmbuat adek ktakutan tiap dkt dgn lwan jnis di fs.... hhuuhhh..... jjur kak,,,,, adek jg lgi mglminya skrg....,, bgi adek,,,, dia ituh,,, kk + tman curhat yg baik.... hwehheee,,,, lha2.. kok mlah adek crita tntng kisahnya adek seh,,, hwahahaaa,,,,,,
baiknya... jgn memutuskan hbgngn tali silahturahmi dgnnya kak??yakhh,,, kan kk and dia jg knal dgn baik2,,, dan diakhri dgn baik pula yakhhh.... kakkk..... semangaattt,,,,, semangattttt...... kakkk....