Rabu, 25 Februari 2009

(Bukan) Istirahat Biasa




Minggu 21 desember 2008,seperti biasa D’cost Seafood Restaurant diserbu tamu dari luar kota.hmmm … cape banget kerja hari ini,mulai dari prepare-an sampe operasional membuatku lelah.

ketika waktu istirahat tiba (jam 14.00),si Balil-teman kerja- bertanya,”rek kamana istirahat teh ? pasti rek ka warnet nya ?”.setelah minum segelas es teh manis yg menyegarkan tenggorokan,aku pun menjawabnya,”moal ah … poe ayeuna mah moal ka warnet.hayang jalan2 ka alun2,rek ngasaan naek menara Masjid Agung”.si Balil terlihat cengar cengir lalu berkata,”Ndri,nitip gurilem atuh nya ? anggap we oleh2 hasil jalan2 … hehehe … “.aku pun tertawa mendengar permintaan si Balil,”gurilem ? insya Allah … mun aya di alun2 eta oge,da lamun kudu meuli di Pasar Baru mah … capeee … jauh …”

Tanpa banyak basa basi lagi,aku pun segera pergi meninggalkan tempat kerja yg semakin ramai pengunjung.diluar,aku sempat melihat bis DAMRI,pengen banget pergi ke alun2 naik bis … udah lama ga bepergian naik bis DAMRI (sekitar ± 1 tahun).”tapi … ini kan hari minggu,pasti macet melanda seluruh jalanan di Bandung n jalan2 pake bis jadi bukan pilihan yg tepat”,gumamku dalam hati.

Akhirnya aku memutuskan pergi kesana naik angkot Cibaduyut – Karang Setra.enak banget naik angkot yg kosong,jadi serasa lebih “bebas”,kebebasan yg pastinya sulit didapat jika naik bis DAMRI yg penumpangnya selalu penuh sampai berdesak2an.

Di sekitar jl. Sukajadi,aku ambil hp dari saku celana lalu buka aplikasi chatting favoritku,Ebuddy.Saat itu YM Jasmine sahabat fsku sedang aktif,aku pun mengajaknya chatting.

Saya : asslm,met siang Ukhti Anggun )

Jasmine : wa’alaikumussalaam.slmat siang juga ndri.ngga kerja ?

Saya : lagi istirahat Teh,hari ini boring bgt.

rasanya pengen segera pindah dr D’cost

Jasmine : udah berapa lama andri kerja disana ?

Saya : udah hampir 2 tahun.emangnya kenapa Teh ?

Jasmine : tetap bersyukur punya pekerjaan disitu ndri.

Saya : ya,aq bersyukur bgt krja dsini,tp saat ini udah bosan bgt.

pengen cari suasana lain.

Jasmine : coba bandingkan dengan mereka yang tidak punya pekerjaan )

Saya : benar juga ya Teh.

kata Allah kan kalo nikmat yg kecil kita syukuri,niscaya akan ditambah.

tapi klo nggak disyukuri malah akan terkena adzabNya.astagfirullahaladzim.

makasih udah diingatkan Teh …

Jasmine : iya sama-sama.

Saya : istirahat dr jam 2 sampe jam 6,lama bgt.aq skrg mw main ke alun2.

Pengen sekaligus naik menara Masjid Agung Bandung.

Jasmine : wah asyik tuh,kata teman Teteh,disana kan sedang ada pameran foto dan pemutaran film palestina.

Saya : wah,jadi makin semangat nih mw ksananya.ok makasih infony.

wsslm

Jasmine : iya sama2.wa’alaikumussalaam

aku turun dari angkot tepat dibelakang Pasar Baru Bandung,suasananya rame bgt.kemacetan terjadi disetiap ruas jalan.dimana2 yg kulihat plat nomor mobilnya mayoritas berawalan huruf “B”.nggak aneh,orang2 Jakarta emang udah biasa menghabiskan weekend-nya di Bandung.

Dari Pasar Baru aku lalu menyeberang jalan dan masuk ke jl. ABC.disinilah pusat penjualan barang elektronik terbesar di Bandung,namun pamornya kini mulai terkalahkan oleh BEC (Bandung Electronic Centre) di jl. Purnawarman.aku meneruskan perjalananku hingga ke jl.Banceuy.

Aq terperangah melihat bangunan Matahari Banceuy yg sekarang berganti nama menjadi Abdurrahman Bin Auf Trade Centre (ATC).Subhanallah … seluruh dindingnya dihias menggunakan tulisan Asmaul Husna yg berjumlah 99 nama.sungguh indah dibalut warna hijau dan biru.seakan menentramkan hati setiap orang yg memandangnya.Tak lama kemudian aku mulai beraksi dengan mengambil hpku lalu menghidupkan kameranya.jeprat … jepret … tangan dan mataku bekerjasama dengan baik untuk menghasilkan foto2 ATC yg bagus.sengaja aku main kesini karena penasaran seperti apa wajah baru Matahari Banceuy setelah direnovasi.aku kagum cerita yg kubaca dikoran PR kemarin sore.

Setelah puas memotret ATC,aku pun pergi ke pusat penjualan buku dan majalah bekas di daerah Cikapundung.aku ingin mencari buku kitab Al-Hikam,namun tak kutemukan disini.seorang kakek yg jualan buku2 agama dan kitab2 menyatakan bahwa Al-Hikam itu barang langka.nggak sembarangan orang yg mempelajarinya,santri2 di pesantren aja kalo mau mempelajari kitab itu harus melalui beberapa tahapan belajar dulu.

hmmmm … aku makin penasaran dengan kitab Al-Hikam,waktu membaca novel Ketika Cinta Bertasbih,aku terpesona kata2 Azzam sewaktu ia membaca kitab Al-Hikam.sejak saat itulah aku berniat untuk membeli kitab itu.

Tiba2,ada keinginan dalam hatiku untuk nge-sms Jasmine.

Saya : ”Teh,tadi aku motret Abdurahman Bin Auf Trade Centre,bangunannya bagus,ada Asmaul Husna-nya”.

Jasmine : hmmm … Teteh mah nggak tahu ada bangunan itu.

Saya : dulunya bernama Matahari Banceuy,namun setelah bangkrut,kini direnovasi oleh pngusaha dr Padang jd pusat dagang bernuansa islam.

Jasmine : wah bagus dong

Saya : lg sibuk apa,Teh ?

Jasmine : sedang bingung,mana yg lebih dulu antara taaruf dan khitbah ?

Saya : klo menurut aku sih taaruf dulu,baru khitbah.tanya Zahra,ia lebih tau masalah ini.

Jasmine : justru Zahra yg menanyakan hal itu pada Teteh tadi,hehe …

Saya : oh … klo gitu nanti aku beri tau jawabannya.skrg mw ke Masjid Agung dulu,udah adzan pertanda salat ashar.wsslm

Jasmine : ya,Teteh tunggu jawabannya,wa’alaikumussalaam

Lantunan suara adzan dari Masjid Agung terasa begitu nikmat terdengar disela2 kebisingan akibat kemacetan dipusat kota Bandung sore itu.aku lalu salat ashar berjamaah dengan beberapa jemaah masjid lainnya.selesai salat,aku langsung bergegas menuju menara Masjid Agung.setelah membayar karcis seharga Rp.2000,aku langsung naik lift yg mengantarkanku ke puncak menara masjid.

“Hmmmm … ternyata menara masjid ini tinggi juga ya … sampai 19 lantai”,gumamku dalam hati.alhamdulillah,akhirnya aku sampai dipuncak menara Masjid Agung.inilah salah satu cita2ku yg terwujudkan setelah sekian lama menanti.subhanallah … dari sini aku bisa melihat seluruh pemandangan kota Bandung dengan lengkap.bangunan2 kota Bandung jadi terlihat kecil2,apalagi orang2nya.disini aku jadi berpikir,Bandung itu begitu luas,namun ketika dilihat disini jadi terlihat sempit.terbukti dengan padatnya bangunan yg kulihat.tak terbayangkan betapa padatnya kota Bandung … bagaimana dengan kepadatan bumi saat ini ? wallahu alam bishowab

Jika kota Bandung dihujani bom oleh Israel seperti di Gaza,pasti jumlah korbannya bisa lebih banyak daripada jumlah korban di Gaza.kepadatan penduduk dan bangunan di Bandung sungguh terlihat menyesakkan,tak beraturan.kata seorang ibu disebelahku,”Bandung teh meuni sareukseuk nya,jang ?”,Tanya ibu itu.aku pun langsung menjawab,”muhun bu.meuni heurin ku tangtung … hahaha …”,jawabku sambil tertawa.ibu itu pun tertawa pula.

Seakan tak mau kehilangan momen sebagus ini,aku pun langsung mengaktifkan kamera hpku.beberapa kali aku mengambil foto pemandangan Bandung dari puncak menara dan mengabadikannya dalam bentuk video juga.

Setelah puas memotret,aku pun turun dari menara dengan naik lift yg tadi membawaku ke puncak.diluar sedang ada pameran buku Mizan.namun tak ada yg membuatku tertarik untuk membelinya karena aku masih berhasrat untuk membeli kitab Al-Hikam.ketika melihat buku bersampul Aa Gym,aku pun mendapat inspirasi untuk jawaban pertanyaan Jasmine.

Aku pun langsung nge-sms-nya …

Saya : asslm.Teh,menurutku taaruf lebih duluan dibanding khitbah.contoh nyatanya adalah proses pernikahan putri pertama Aa Gym beberapa wktu yg lalu.awalnya ia taaruf dgn seorang ikhwan waktu umrah di mekah,beberapa bulan kemudian ikhwan itu mengkhitbahnya dikediaman Aa Gym.seminggu kemudian mereka nikah di kawasan DT.

(sms ini juga aku kirimkan pada Zahra)

Jasmine : oh,jadi begitu ya.jadi TKW dong.Taaruf,Khitbah,Walimah )

Saya : hahaha … iya btul bgitu.smoga Teteh suatu hari nanti bs jd seorg TKW juga )

Jasmine : amin yaa robbal alamin )

Tiba2 aku dapat sms balasan dari Zahra

Zahra : q g tau proses nikah anakx aa gym s/ti i2,q msh bingung.

Ntar mw ditanyain pd senior di kampus yg ngerti masalah ini.

Aku pun lalu berjalan2 sebentar mengelilingi kawasan sekitar Masjid Agung.ketika melihat penjual peci,aku pun mendekatinya.wah,ada peci motif baru … motif Laskar Cinta Dewa19 berwarna ungu.tanpa berpikir panjang lagi,aku pun langsung membeli peci tersebut.udah lama ga beli peci baru sejak ramadhan lalu.

Aku teringat pesanan si Balil yg memintaku membeli kerupuk gurilem sebagai oleh2.setelah berputar2 kesana kemari,aku tetap nggak berhasil menemukan penjual kerupuk tersebut.akhirnya aku membeli beberapa gorengan aja sebagai penggantinya buat dimakan bareng teman2 nanti di D’Cost.

Waktu di hpku menunjukkakn jam 17.05.aku pun langsung mencari angkot Kalapa – Sukajadi untuk segera pulang ketempat kerja lagi.di dalam angkot,untuk “membunuh waktu” aku aktifkan lagi aplikasi chatting di hpku

Lalu aku pun chatting lagi dengan Jasmine …

Saya : dari pagi sampe sore masih aktif chatting,nggak cape ?

Jasmine : iya,tangan rada pegal nih.

Saya : awas,keseringan chatting jgn sampe lupa salat & makan

Jasmine : iya,salat dan makan sih selalu diutamakan ketimbang chatting

Saya : Teteh bisa masak ?

Jasmine : iya,Teteh suka masak nasi goreng pedas

Saya : pedas ? asin kali …

Jasmine : yee … nggak percaya.emang Teteh suka banget nasi goreng pedas

Saya : masakan yg umum bgt u/ seorg anak kost,nasi goreng n mi rbus

Jasmine : ya … betul itu

Saya : dr pngalaman tman2q,klo bwt nasi goreng slalu trasa asin.

Teteh juga gitu,kan ?

Jasmine : nggak,sudah Teteh bilang rasanya pedas …

Saya : ngaku aja deeeeeeehh ….

Jasmine : iya deh ngaku,memang sedikit terasa asin … hehehe ..

Saya : biasanya klo masakan asin itu pertanda,Teh ^-^

Jasmine : pertanda apa ?

Saya : masa seorg ukhti anggun nggak tau pertanda apa ^-^

Jasmine : pertanda apa ya ?

Saya : eh … malah balik tanya.itu pertanda klo yg memasaknya ingin segera …..

Jasmine : yang asin mah kalo ngupil atuh … hehehe …

Saya : emang udah merasakan kalo upil itu asin ?

Jasmine : belum,tapi kata orang2 kan begitu …

Saya : yeee … ulah ngarang bari ngorong ke aya nu ngiring ^-^

Jasmine : aya2 wae andri mah …

Saya : jd hobi Teteh ngupil ya ?

Jasmine : nggak … ih menjijikkan

Saya : hehehe … geulis2 geuleuh …

Jasmine : iya betul …

Saya : klo disingkat jd Gege = geulis2 geuleuh

Gimana kalo nama kucing Teteh yg di Cianjur adalah Gege … setuju ?

Jasmine : iya setuju,kedengarannya lucu

Saya : Gege itu lucu,unik dan mudah diingat ^-^

Gege,penemuan terbaru DewAndri 19 dipenghujung tahun 2008 ^-^

Jasmine : ya sudah,nama kucing Teteh jadi Gege aja.makasih ya ndri.

Saya : sama2 Teh.waduh,udah nyampe nih.udah dulu ya.wsslm

Jasmine : selamat kerja lagi ya.wa’alaikumussalaam

Setelah turun dari angkot,aku jadi ingin ketawa terus mengingat chatting tadi bareng Jasmine.Dulu foto di fsnya sedang memeluk kucing yg lucu,namun ia belum terpikir untuk memberinya sebuah nama.akhirnya nama kucing itu berhasil ditemukan berkat chatting tadi.Gege … geulis2 geuleuh … hahaha … DewAndri 19 tea atuh … gaya ^-^

Sewaktu nyampe ke d’Cost lagi,aku ketemu si Balil yg langsung menanyakan pesanannya.”sorry bgt lil,urang teu manggihan tukang kurupuk gurilem di alun2.aya ge ieu,gorengan … hehehe …”.si Balil awalnya agak kecewa karena pesanannya ga terpenuhi,namun setelah melihat gorengan,kekecewaannya bisa terobati.

sore itu seluruh kru dishwasher D’cost makan bareng gorengan yg kubeli di alun2 tadi.si Adin malah senang bgt waktu melihat foto2 dan videoku sepanjang perjalanan tadi.Adin pun memintaku mengajaknya ke menara Masjid Agung kapan2.aku hanya menjawabnya dengan 2 kata,”insya Allah”.

Istirahat selama 4 jam kali ini begitu mengasyikkan,akan kuingat selalu semua peristiwa tanggal 21 desember 2008 … bukan istirahat biasa … tapi istirahat yg penuh dengan cerita luar biasa ^-^

# Masjid Agung Bandung kini berganti nama menjadi Masjid Raya Propinsi Jawa Barat.namun masyarakat Kota Bandung kebanyakan lebih mengenal nama yg lama daripada nama yg baru.



1 komentar:

Quinie mengatakan...

assalamu alaikum.. oh begitu toh ceritanya.. Taaruf dulu baru khitbah... yayayaya