Sabtu, 30 Januari 2010

(Bukan) Sekedar Kopdar









Kopdar alias Kopi Darat berarti pertemuan antara sahabat dunia maya yg terjadi di dunia nyata. Berikut ini adalah tulisan berisi pengalamanku yg telah melakukan kopdar dengan beberapa sahabat dunia maya, selamat membaca.

Kopdar dengan Nieshya

Awalnya ga ada niat untuk mengajak kopdar pada Nieshya, seorang teman FS yg berasal dari Riau. Waktu itu Ines – nama panggilan Nieshya – adalah seorang siswi SMU kelas 3 yg sedang menghadapi Ujian Akhir Nasional di sekolahnya. Ia bercita – cita ingin melanjutkan studi kuliah di Bandung melalui program beasiswa. Untuk memotivasi agar ia rajin belajar, aku menjanjikannya traktir makan di restoran tempat aku bekerja jika ia berhasil mendapatkan beasiswa tersebut. Dengan seizin dan kekuasaan Allah, Ines pun akhirnya dinyatakan lulus dari ujian tersebut dan mendapat beasiswa kuliah di Universitas Pendidikan Indonesia yg berada di Kota Kembang. Tak lama setelah dirinya tinggal di Bandung, ia pun mengingatkan aku tentang janjiku padanya dulu. Aku jadi kaget setelah ia menanyakan hal itu. aku bersyukur ia telah mengingatkanku hingga aku bisa memperoleh kesempatan menepati janji.

Kami berhubungan lewat sms dan akhirnya bisa janjian untuk makan bareng direstoran seafood tempat aku bekerja. Ia datang bersama kedua teman kuliahnya yang berasal dari Riau juga. Awalnya mereka malu untuk masuk ke restoran karena takut akan merepotkanku yg saat itu sedang bekerja, namun aku berhasil meyakinkan mereka masuk agar bisa menepati janji yg telah diucapkan dulu padanya. Aku senang mendengar cerita tentang perjuangannya saat ujian hingga mendapat beasiswa kuliah. Sungguh luar biasa, ia kuliah di UPI fakultas Biologi tanpa membayar biaya kuliah sepeser pun, semuanya ditanggung pemerintah daerah Riau hingga lulus kuliah. Kami berempat pun makan bersama sambil sesekali bertukar cerita tentang banyak hal yang semuanya menarik. Ternyata Ines yg kukenal lewat FS benar – benar nyata, pertemuan dengan teman dunia maya di dunia nyata bagiku terasa seperti mimpi. Sebelum pulang, kami membuat foto dan video bareng untuk mengabadikan momen langka tersebut.

http://www.youtube.com/watch?v=GHipiB3l3C0



Setelah pertemuan malam itu, Ines jadi sering makan direstoran tempat aku bekerja dengan teman – temannya walaupun tentu saja tidak ditraktir lagi. Ia mengaku sangat menyukai masakan kepiting yg ada direstoran itu. Aku bersyukur pada Allah karena ada perubahan pada Ines setelah ia tinggal dikostan daerah sekitar Pesantran Daarut Tauhid, kini ia memakai jilbab dan terlihat sangat anggun. Ines adalah teman dari dunia maya yg pertama aku temui di dunia nyata, sungguh menakjubkan bisa bertemu dengannya. Aku mengambil pelajaran dari pertemuan dengannya : kalau berjanji wajib ditepati serta jangan sampai berdusta walaupun bercanda karena ada hadits yang berbunyi seperti dibawah ini .

Rasulullah SAW bersabda,” aku menjamin sebuah taman ditepi surga bagi orang yang meninggalkan debat meskipun ia berada dipihak yang benar, sebuah istana dibagian tengah surga bagi orang yang meninggalkan dusta meskipun ia bercanda, dan istana dibagian atas surga bagi seorang yang baik akhlaknya” (HR Abu Dawud)

Memang awalnya aku bercanda akan mentraktirnya karena tujuanku untuk memotivasinya agar rajin belajar, namun ternyata candaan itu berubah jadi kewajiban yg harus ditepati.

Kopdar dengan Teh Rita

Teh Rita, seorang teman FS yg berasal dari Cianjur ini adalah salah satu sahabat dunia maya terbaikku dari dulu sampai detik ini. Dari beliau lah aku mengenal situs pertemanan www.cybermq.com yg merupakan situs pertemanan khusus muslim buatan Pesantren Daarut Tauhid. Berkat Cybermqlah aq bisa berteman dengan banyak saudara seiman. Melalui fitur Pustaka Cybermq pula aku bisa menulis ayat alquran untuk blog, komentar pada FS, testimonial pada cybermq serta wall di FB.

Dulu kami pernah kebingungan saat mendapati pertanyaan dari seorang teman tentang perbedaan antara Yuhibbuka Fillah (mencintai kerena Allah) dengan perkataan I love you, beruntung aku punya sahabat FS di Banjarmasin yg memiliki tulisan tentang hal itu. Tulisan yg sangat panjang itu aku cetak lalu pelajari sendiri, namun malah jadi kebingungan. Untuk mengatasi kebingungan itulah akhirnya aku minta bantuan Teh Rita untuk berdiskusi sekaligus kopdar. Awalnya aku segan mengajak Teh Rita kopdar, dibenakku tersimpan pertanyaan … apakah seorang akhwat agamis seperti dirinya mau bertemu denganku di dunia nyata ?

Namun akhirnya aku memberanikan diri untuk mengajaknya bertemu di taman Masjid Al Murosalah Jln. Gegerkalong bersamaan dengan pengajian rutin MPI (Majelis Percikan Iman) yg diadakan PP Persis setiap ahad disana. di taman masjid itulah kami berdiskusi membahas makalah berjudul “Mengungkap Makna Yuhibbuka Fillah”, melalui tulisan itulah kami menemui banyak perbedaan antara yuhibbuka fillah dengan ucapan I love you. Waktu itu Teh Rita tidak datang sendirian, namun ia mengajak sahabatnya yg bernama Yulia, ia adalah seorang aktivis yg aktif di sebuah lembaga pengumpul dana zakat, infaq dan sedekah. Hikmah yg bisa diambil dari pertemuan itu adalah diskusi merupakan jalan yg baik disaat kita menemui kesulitan saat berusaha memahami sesuatu, apalagi ilmu agama. Aku bersyukur karena setelah pertemuan itu persahabatan kami jadi makin erat bahkan kami berdua jadi donatur tetap untuk lembaga amil zakat yg dikelola Yulia.


Kalau pembaca ingin mendownload makalah "Mengungkap Makna Yuhibbuka Fillah" yg dulu kami diskusikan, download aja filenya di :

http://www.ziddu.com/download/8382032/Yuhibbukafillah.doc.html

Saat mengganti hp CDMA ke hp GSM, aku sangat berharap bisa internetan dihp seperti teman – teman dunia mayaku yg lain. Alhamdulillah fitur Opera Mini dihp bisa dipakai untuk membuka situs FS dan FB dengan lancar. Namun keinginanku untuk bisa chatting dihp tak bisa terlaksana karena ada kegagalan terus saat mendownload MIG33. akhirnya aku minta bantuan pada Teh Rita untuk mengecek apa yg salah dengan hpku sehingga ga bisa menggunakan MIG33. akhirnya Teh Rita pun setuju untuk kopdar kedua kalinya untuk membantuku menyelesaikan masalahku karena ia memang pengguna setia aplikasi chatting Mig33. kami ketemuan di Pesantren Daarut Tauhid.

Kali ini ia membawa sahabatnya yg bernama Fitri, seorang MC, penulis serta reporter berita. Dengan sabar Teh Rita mencoba mendownload MIG33 menggunakan hpku namun tetap saja gagal, aku pun jadi sedih. Tapi aku sangat berterima kasih padanya yg rela jauh – jauh ketemuan denganku untuk mengatasi masalah sekecil itu. Sebelum pulang, aku pun menawarinya untuk membuat foto bareng Teh Rita dan Teh Fitri dengan latar belakang Masjid Daarut Tauhid, tentu saja mereka ga menolak karena itu adalah momen yg langka terjadi. Apalagi Teh Fitri sangat senang dipotret karena ia narsis banget. Sayang cuaca saat itu sedang mendung dan agak gelap karena menjelang maghrib, fotonya pun jadi kurang jelas. Namun mereka sangat berterima kasih padaku karena bisa foto bareng dengan latar belakang Masjid Daarut Tauhid.

Tentang chatting dihp, sekarang aku bisa menggunakan aplikasi Ebuddy setelah diberi tahu Nadia, sahabat dunia maya juga, namun terkadang aku menggunakan YMTiny seperti yg disarankan Teh Rita selain Mig33.

Setelah kopdar kedua dengan Teh Rita, aku jadi sering berkomunikasi dengan Teh Fitri untuk sharing tentang foto dan menulis blog. Alhamdulillah berkat ia lah aku bisa banyak belajar tentang menulis dan mengatur tampilan blog. Waktu berlalu dengan begitu cepat, tak disangka aku mendapat kabar bahagia bahwa Teh Fitri akan menikah. Aku dikirimi surat undangan pernikahan melalui pos, surat yg unik dan simpel banget. Ternyata yg mendesain surat undangan itu adalah Teh Fitri sendiri, dugaanku tak salah karena sebagai seorang yg narsis dan suka ngedit foto, pastinya ga kesulitan mendesain surat undangan pernikahannya sendiri.

Jujur, aku ga tau rumah Teh Fitri dan agak kesulitan untulk menghadiri acara pernikahannya walaupun sudah diberi tahu rute dan angkot apa saja yg harus aku naiki. Aku pun lalu minta bantuan sahabat FBku yg tinggal di Lembang agar mengantarku kesana. Alhamdulillah sahabatku itu mau mengantarkanku hingga ke tujuan, karena ia memang hapal daerah itu. Selain menhadiri pernikahan Teh Fitri, hari itu aku juga menyerahkan buku “Manhaj Haraki” yg dipesan oleh Teh Rita. Di acara itu Teh Rita ternyata jadi “pagar ayu” yg anggun. Alhamdulillah sebelum pulang kami bisa foto bareng berempat, sungguh menakjubkan bisa menghadiri acara pernikahan teman dunia maya yg sebelumnya hanya berkomunikasi lewat internet saja.

Bulan ramadhan tahun 2009 lalu ada pengalaman unik yg tidak akan terlupakan seumur hidupku. Bersama Mauneh (MAnusia UNik dan anEH– sebutan untuk 3 sahabat yaitu aku, Iyan dan Wulan) bisa kopdar keempat kalinya bersama Teh Rita sekaligus untuk buka bersama. Kami buka bersama di McD Setiabudhi Bandung. Kali ini aku mengajak sahabat ditempat kerja yg bernama Kiki karena ia pun telah jadi sahabat Teh Rita di dunia maya. Banyak kejadian unik dan lucu selama buka bersama tersebut, semuanya terekam dengan baik di video dibawah ini :

http://www.facebook.com/video/video.php?v=102453779769255

Teh Rita adalah sahabat dunia maya yg paling sering kopdar dengaku, udah 4 kali. Jika dikopdar yg dulu ia selalu membawa sahabatnya, kali ini akulah yg mengajak sahabat2ku. Semoga persahabatan kami langgeng sampai kapan pun.

Kopdar dengan Anne dan Gambit

Sahabat dunia mayaku tak hanya berasal dari Indonesia, tapi juga ada beberapa orang yg berasal dari negara tetengga seperti Malaysia, Brunei, Jepang dan Filipina. Sejak membuat FS pertama kalinya pada tahun 2007, aku punya sahabat bernama VoicesInsideMe alias Khairu Nisa Syuhada namun cukup dipanggil Anne. Persahabatan kami terus berlanjut hingga diFB sekarang. Ia memiliki tunangan bernama Gambit yg merupakan orang asli Bandung namun kerja di Jepang. Aku juga berteman baik dengan Gambit di FS maupun FB. Sungguh aku kaget luar biasa saat pertama kali mendapat telpon dari Anne di Malaysia. Aku ga menyangka bisa mendengar suara sahabatku yg jauh terpisah lautan dan beda negara pula. Suaranya sangat merdu namun logatnya sangat khas Malaysia yg bernada Melayu Inggris. Melalui telpon itulah ia mengucapkan selamat hari raya idul fitri sekaligus mengabarkan akan segera ke Bandung dalam waktu dekat.

Akhirnya pada pertengahan oktober 2009, aku bisa kopdar bareng Anne dan Gambit di McD Setiabudhi Bandung. Rasanya seperti mimpi bisa bertemu mereka berdua, sahabat dunia mayaku yg berasal dari luar negeri. Setelah makan, kami ngobrol tentang banyak hal, aku pun jadi tertarik ingin pergi ke Malaysia dan Jepang. Sebelum pulang, kami membuat beberapa foto bareng sambil saling tukar kado. Alhamdulillah dari Anne, aku mendapat oleh – oleh khas Malaysia yg bagus banget. Sayang pertemuan ini tak bisa berlangsung lebih lama karena aku harus kerja sore. Ini adalah kopdar yg tak mungkin aku lupakan sepanjang hidupku, sungguh luar biasa.

Kopdar ini pula bisa menepis anggapan bahwa semua orang Malaysia itu jahat yg bisanya hanya mengambil kebudayaan Indonesia saja. Ternyata disana masih banyak manusia baik seperti Anne yg menjadi sahabat baikku sampai sekarang. Janganlah kita menilai semua orang Malaysia jahat, itu hanya sebagian kecilnya saja. Karena tak semua orang Indonesia juga baik, pasti ada sebagian kecilnya yg jahat juga. Persahabatan antara aku dan Anne semoga menjadi teladan bagi orang - orang dikedua negara agar bisa hidup damai berdampingan sebagai negara tetangga dan serumpun Melayu.

Kopdar di Reuni Akbar SMPN 12 Bandung

Pertengahan Desember 2009 lalu, ada acara reuni akbar alumni SMPN 12 Bandung seluruh angkatan. Acara yg berlangsung di SMPN 12 Bandung ini secara tak langsung menjadi ajang kopdar bagi teman – teman FBku sesama alumni SMPN 12 Bandung. Maklum diFBku banyak sekali teman sekolah dulu, senang rasanya bisa ketemuan lagi setelah sekian lama berpisah (aku lulus SMP tahun 1998 lalu). Di kopdar inilah aku bisa melihat perubahan pada diri sahabat – sahabatku dulu, selain itu ada pula yg membawa anaknya. Semoga saja dimasa depan bakal ada lagi acara reuni sekaligus ajang kopdar teman FB agar persahabatan ini tetap terjaga sampai kapanpun.

Undangan nikah via dunia maya

Banyak sahabat dunia mayaku yg menikah akhir – akhir ini, aku kebanjiran undangan yg disampaikan lewat FB, sms dan e - mail. Bahkan beberapa sahabat memanfaatkan situs pertemanan di dunia maya untuk menyebarkan kartu undangan pernikahannya. Namun sayang, tak semua undangan pernikahan bisa aku hadiri karena keterbatasanku. Banyak undangan yg berasal dari kota – kota yg jauh letaknya dari Bandung seperti Medan, Palembang, Surabaya, bahkan ada juga yg dari luar negeri. Acara pernikahan bisa juga menjadi ajang kopdar bagi sesama teman dunia maya, namun sayang karena keterbatasan, hanya do’a yg bisa aku sampaikan untuk sahabatku yg jauh disana. Semoga saja pernikahan mereka dirahmati Allah dan menjadi keluarga yg sakinah, mawaddah dan warrahmah. Mungkin lain kali Allah memperkenankan kita bertemu dilain waktu. Aku juga punya harapan jika menikah nanti, semua sahabat dunia mayaku bisa hadir diacara itu. Namun semuanya tergantung takdir Allah, semoga saja Dia memudahkan semua sahabatku untuk menghadiri acara special tersebut.

Hadiah dari teman FS & FB

Kopdar tak selamanya berupa pertemuan fisik antara sahabat dunia maya yang terjadi di dunia nyata. Namun juga ternyata bisa “diwakilkan” pada benda – benda yg dikirimkan antara 2 sahabat tersebut seperti yg aku alami dulu. Mungkin benar aku tak bisa kopdar secara langsung dengan sahabat dunia mayaku yg berasal dari Lampung, Riau dan Banten. Namun kehadiran mereka seolah tergantikan oleh hadiah yg mereka kirim lewat pos untukku. Sahabat dari Lampung memberiku hadiah berupa kaos, topi, novel, alquran mini dan foto dirinya sedangkan sahabat dari Banten memberiku hadiah berupa makanan ringan yg tak sedikit jumlahnya. Saat menerima hadiah itu, aku merasa telah bertemu dengannya walau hanya dalam wujud hadiah yg mereka kirim padaku. Semoga Allah membalas semua kebaikan mereka dan berkenan mempertemukan aku dilain kesempatan dengan sahabat – sahabat yg telah memberiku hadiah tersebut.

Jual/Sumbang Buku

Ada beberapa teman dunia maya yg tertarik dengan buku – buku yg fotonya aku tampilkan di album foto FBku yg berjudul “Rumah Buku dan Buku Favoritku”. Tak jarang sebagian dari mereka akhirnya memesan buku tersebut padaku dan akhirnya terjadilah transaksi jual beli buku lewat dunia maya. Awalnya aku tak punya bakat jualan buku dengan teman dunia maya, namun setelah mengetahui caranya semua terasa jadi mudah. Sahabat yg didaerahnya kesulitan mencari buku – buku favoritnya bisa memesan buku tersebut padaku, nantinya aku membeli buku pesanan mereka di Palasari (pusat penjualan buku murah di Bandung) lalu mengirimkannya pada alamat mereka melaui jasa pos. mereka tinggal mengganti biaya pembelian buku tersebut beserta ongkos kirimnya melalui rekeningku.

Mungkin tidak terjadi kopdar antara aku dan sahabatku yg membeli buku tersebut, namun buku – buku itu seolah mewakili kehadiranku dihadapannya. teman FB juga ada yg mengelola grup “Buku Untuk Sekolah Terpencil”, senang rasanya bisa menyumbang buku untuk mereka agar buku – buku itu bisa dimanfaatkan dengan baik oleh mereka yg ada di daerah terpencil. mungkin sangat sulit bagiku menjangkau mereka yg ada di daerah terpencil, namun melalui grup itulah aku bisa “kopdar” walaupun hanya diwakili lewat buku.

Sms Pengen Ketemuan & Ajakan ke Belitong

“klo aq nkh km dtg ya ke lampung..sekalian kopdar mau ya hehe..”
“klo aq bener2 pengen km dtg ndri itu ckup buat aq skalian do’a jg pengen ktmu d dunia nyata”

2 kalimat diatas adalah contoh sms dari sahabatku di Lampung yg ingin kehadiranku pada acara pernikahannya sekaligus jd ajang kopdar. Masih banyak sms serupa berharap suatu hari nanti bisa kopdar denganku. Semoga saja Allah mengijinkan hal itu terjadi.

Beberapa waktu yg lalu ada juga sahabat yg mengajakku kopdar dikampung halamannya di Belitong. Nama Belitong akhir – akhir ini sering jadi perbincangan setelah di ekspos melalui novel/film “Laskar Pelangi” dan “Sang Pemimpi”. Sayang aku ga bisa kesana karena keterbatasanku, membayangkannya saja sudah sangat membahagiakan aku jika bisa berada disana. Rasanya senang sekali bisa turut merasakan atmosfer alam dan keceriaan anak – anak Belitong seperti tergambar di novel/film.

Impian Kopdar Fandi

Aku punya sahabat FS dan FB yg bernama Fandi, ia pernah punya impian bisa kopdar denganku untuk bersepeda bareng menyusuri jalan – jalan di ibu kota sampai ke masjid kubah emas di Depok. Entah kapan hal itu bisa terjadi, namun semoga saja Allah berkenan mewujudkan impian sahabatku yg satu itu.

Rencana Kopdar

Awal tahun 2010 ini aku mendapat kabar baik berupa ajakan kopdar dari sahabat – sahabatku yg berada jauh dimata namun dekat di internet. Seperti sahabat – sahabatku yg berada di Jakarta, Mataram bahkan Malaysia. Semoga saja Allah memepermudah sehingga kami bisa bertemu nantinya, rasanya sungguh membahagiakan bila bisa bertemu dengan mereka di dunia nyata.

Impian Kopdar Akbar

Semoga ini bukan tulisan yg dianggap berlebihan. Aku punya impian bisa menyelenggarakan kopdar akbar dengan semua sahabat di dunia maya yg telah mengenalku sejak tahun 2007 lalu hingga detik ini yg tersebar di seluruh Indonesia dan belahan bumi yg lain. Kopdar akbar bersama sahabat – sahabat yg telah mengenalku lewat situs pertemanan seperti FS, FB, Fupei, Cybermq, Kemudian, serta pembaca setia blogku di Blogger maupun Multiply inginnya terlaksana di kota Mekah (jika semunya muslim) atau di Yunani (dengan sahabatku yg non muslim). Mungkinkah kopdar akbar itu terlaksana dimasa depan ? wallahua’lamu bish-shawwab.

Namun tentu saja impian terbesarku adalah bisa bertemu dengan Allah SWT Sang Pencipta yg telah menciptakan aku beserta seluruh dunia dan isinya. Semoga saja diakhir hidupku bisa bertemu denganNya dan Dia pun ridha bertemu denganku. Amin yaa robbal ‘alamin.

مَن كَانَ يَرْجُو لِقَاء اللَّهِ فَإِنَّ أَجَلَ اللَّهِ لَآتٍ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Barangsiapa yang mengharap pertemuan dengan Allah, maka sesungguhnya waktu (yang dijanjikan) Allah itu, pasti datang. Dan Dialah Yang Maha mendengar lagi Maha Mengetahui.( QS. Al 'Ankabuut 29:5 )

1 komentar:

afifah blog mengatakan...

assalammu'alaikum
wah..blogny bnr2 bgus bgt&berteman dari dunia maya emang menyenangkan..pengen nih pny shbt kmu..btw bs mnt tlg ajarkn cara bwt email nggak??makasih y..
wassalam..