Rabu, 27 Mei 2009

(Bukan) Janji Palsu

بَلَى مَنْ أَوْفَى بِعَهْدِهِ وَاتَّقَى فَإِنَّ اللّهَ يُحِبُّ الْمُتَّقِينَ

“(Bukan demikian), sebenarnya siapa yang menepati janji (yang dibuat)nya[207] dan bertakwa, Maka Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertakwa.” (Ali Imran : 76)

[207] Yakni janji yang telah dibuat seseorang baik terhadap sesama manusia maupun terhadap Allah.


وَلاَ تَقْرَبُواْ مَالَ الْيَتِيمِ إِلاَّ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ حَتَّى يَبْلُغَ أَشُدَّهُ وَأَوْفُواْ بِالْعَهْدِ إِنَّ الْعَهْدَ كَانَ مَسْؤُولاً

“dan janganlah kamu mendekati harta anak yatim, kecuali dengan cara yang lebih baik (bermanfaat) sampai ia dewasa dan penuhilah janji; Sesungguhnya janji itu pasti diminta pertanggungan jawabnya.” (Al Israa : 34)

Berteman dengan orang2 di dunia maya (internet) memang berbeda dengan berhubungan di dunia nyata.melalui situs2 pertemanan/jejaring sosial seperti Friendster,Facebook,Fupei,Blogger,Multiply,Cybermq,dll. Kita bisa dengan mudah mendapatkan teman baru,sesuai keinginan kita.
Meskipun kita tak kontak secara fisik,namun tak jarang keakraban yg dijalin melalui internet malah lebih akrab dibanding hubungan secara nyata.
Di FS,aku sering mengirim comment/testimonial pd teman2q hingga mereka pun membalasnya.tak jarang karena seringnya kontak itu hubungan antara aku dan temanku itu sudah seperti sahabat di dunia nyata saja.aku pun tak segan meminta no hp mereka agar bisa jadi sahabat di dunia nyata,alhamdulillah banyak yg berkenan bersahabat denganku tak hanya di internet saja.

Aku pernah berharap bisa bertemu (kopdar = kopi darat) dengan seluruh teman2 yang ku kenal lewat internet,namun Allah baru mengizinkan aku bertemu dengan beberapa orang saja.Teman Fs yang pertama bertemu denganku adalah Anggrek,seorang siswi SMU kelas 3 di Riau.Dulu aku pernah berjanji padanya akan mentraktir makan kalau berhasil kuliah di Bandung.Subhanallah,ternyata Allah mempunyai rencana yg hebat diluar perkiraanku.
Anggrek setelah lulus SMU mendapat beasiswa kuliah di UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) Bandung.ia pun masih mengingat janjiku yg akan mentraktirnya makan kalo jadi kuliah di Bandung.

2 ayat Alquran yang aku tulis diatas cukup jadi isyarat bahwa Allah menyukai orang2 yang selalu menepati janji dan janji itu akan dimintai pertanggungjawabannya.
Aku pun sadar akan hal itu,janjiku pada Anggrek wajib ditepati.

Pada tanggal 3 Mei 2008,Anggrek pun datang ke D’cost Seafood Restaurant (tempat aku bekerja) bersama 2 temannya.Awalnya ia ragu dan malu mau masuk ke restoran,hingga aku meyakinkannya beberapa kali lewat sms agar ia segera masuk biar aku bisa menepati janjiku.

Sesuai perjanjian,ia dan teman2nya pun langsung memesan makanan dengan jumlah nominal tertentu yang sudah kami sepakati berdua.Setelah selesai dengan pekerjaan,aku pun menghampiri Anggrek dan teman2nya yang masih makan dengan lahap.

Setelah mengucapkan salam,aku pun bergabung dengan mereka.obrolan2 santai mengalir dengan lancar.aku senang bisa menepati janjiku pada Anggrek.
Dari pertemuan itu aku bisa mengambil kesimpulan,ternyata Anggrek yg di Fs benar2 sama dengan Anggrek yg sedang berada tepat dihadapanku.
Berarti,teman2 Fsku itu semuanya nyata,hanya saja kita terpisah jarak dan waktu yang berlainan hingga belum bisa bertemu.

Dibawah ini adalah video karya Anggrek yang mengabadikan momen “dinner” kami saat itu.selamat menonton ^-^



Aku sempat merasa bersalah pada teman Fs yang aku panggil “Bidadari Imutz”.pernah berjanji akan memberinya “sesuatu yang indah” karena jasa2nya,namun aku malah melupakan janji itu hingga lebih dari 1 tahun lamanya.
Hal itu terjadi karena kami sempat “lost contact”,ia pindah rumah dari Solo ke Boyolali dan tidak bekerja sebagai opearator warnet lagi.otomatis ia jarang aktifkan fsnya dan kami pun jarang smsan lagi.aku kaget saat idul fitri dipenghujung tahun 2008 lalu,ia tiba2 kirim sms berupa ucapan selamat idul fitri bagiku.Aku mengira ia udah lupa padaku,ternyata tidak.aku pun jadi teringat akan janjiku yang akan memberinya “sesuatu yang indah”.
Alhamdulillah,dengan izin dan berbagai kemudahan yang diberikan Allah,janjiku pada Bidadari Imutz akhirnya bisa terpenuhi.
Aku bersyukur pada Allah yang telah menggerakkan ia agar mengirim sms padaku hingga akhirnya bisa menepati janji yang sempat terlupakan.

Melalui tulisan ini,aku harap semua teman2 yang pernah mengenalku di internet bisa mengingatkanku jika ada janji yang pernah aku ucapkan namun belum bisa ditepati.mohon maaf karena banyak hal yang membuat aku terkadang lupa pada janji2ku itu.Insya Allah aku akan berusaha menjadi manusia yang selalu bisa menepati janji.

Tidak ada komentar: